Mengatasi Marah

poto : http://pixshark.com

Pernahkah anda emosi/marah/ngambek ?
Nah itu hal yang manusiawi tapi jika memang dalam keadaan emosi maka segeralah atasi karena besar kecilnya amarah itu dapat berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.

Mengapa disebut berbahaya untuk diri sendiri ?
Karena hal tersebut dapat menaikan tekanan darah memuncak hingga otak, ini sangat berbahaya bila anda penderita jantung atau darah tinggi sebab dengan memuncaknya emosi maka daya detak jantung akan semakin naik dan akibatnya sangat fatal.

Mungkin anda pernah dengar kalau suka marah bakalan cepat tua, mitos ini sangat masuk akal jika di hubungkan dengan suasana tubuh yang sedang naik pitam maka semua otot atau pun kulit akan berkontraksi secara hebat sehingga menimbulkan kerutan di mana-mana (dilihat dari pandangan orang awam bukan medis).

Mengapa disebut berbahaya untuk orang lain ?
Secara tidak sadar jika kemarahan sudah tidak terkontrol maka apapun yang ada di hadapannya adalah biang kemarahan baik orang yang penyebab emosi maupun orang lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan kemarahan, dan lebih fatalnya lagi jika kemarahan itu hingga menimbulkan orang lain cedera/celaka atau sampai menghilangkan nyawanya.

Ngeri kan efek dari marah yang berlebihan, nah saya mau berbagi cara untuk meminimalisir hal tersebut dengan beberapa cara yaitu :
  1. Jika anda marah dalam keadaan berdiri maka segeralah duduk.
  2. Jika anda marah dalam keadaan duduk maka segeralah berbaring.
  3. Berkumur dan basuh wajah dengan air.
Setidaknya dari cara diatas yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, berguna untuk menurunkan tensi darah yang sedang memuncak.
Nah kalau untuk yang muslim bisa menerapkannya di tambah
  1. Pergi ke mesjid atau mushala
  2. Berwudlu
  3. Shalat sunat
  4. Tadarus/Mengaji
    Insaya Allah amarah itu akan hilang (marah itu perbuatan Syetan).
Untuk melatih dan mengendalikan amarah bisa dengan cara cara bersabar, diantaranya :
  1. Ikut dalam antrian
  2. Sabar menunggu ketika janjian dengan orang
  3. Berpuasalah
  4. Mengasuh anak kecil
  5. dll
Nah segitu aje dulu tipsnya 
Wassalamm.....



No comments:

Post a Comment